Selasa, 17 Desember 2013

Biografi James A. Gosling

 James A. Gosling O.C., Ph.D lahir di dekat Calgary, Alberta, Kanada, pada tanggal 19 Mei 1955. Ia merupakan seorang pengembang perangkat lunak yang sangat berpengaruh di dunia. Berkat kejeniusannya ini dalam mengembakan perangkat lunak, James A. Gosling dikenal sebagai bapak bahasa pemograman Java.

Tepat pada tahun 1977, James A. Goslingmenerima gelar B.Sc jurusan Ilmu Komputer dari Universitas Calgary. Kemudian pada tahun 1983, James akhirnya memperoleh gelar Ph.D jurusan Ilmu Komputer dari Universitas Carnegie Mellon, dengan judul disertasi "The Algebraic Manipulation of Constraints". Ketika menyelesaikan program doktornya ini, Ia menulis sebuah versi dari emacs (gosmacs). Sebelum ia memutuskan untuk bergabung dengan Sun Microsystems, James membangun sebuah versi multi-prosesor Unix ketika masih kuliah. Melihat minat dan bakat tersebut, suatu ketika sahabat orang tuanya mengajak James A. Gosling ke laboratorium komputer di Universitas Calgary untuk mengembangkan bakat dan minatnya ini, pada saat itu Ia baru berusia 14 tahun.
Sejak saat itulah, James Gosling lebih sering menghabiskan banyak waktu di laboratorium komputer daripada belajar di kelas. Lulus dari SMU, James Gosling melanjutkan di Universitas Calgary. Saat menyelesaikan sarjananya, James Gosling mengembangkan program editor teks Emacs, program inilah yang kelak menjadi editor teks yang paling banyak digunakan pada sistem operasi Unix. Kemudian ia mengambil pendidikan Master di Universitas Alberta sebelum melanjutkan program doktor di Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh. Ia memperoleh gelar Ph.D setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul "The Algebraic Manipulation of Constraints" pada tahun 1983. s Carnegie Mellon, maupun sejumlah compiler dan mail systems.

Pada tahun 1984, James A. Gosling memutuskan untuk bergabung dengan perusahan kecil yang baru berdiri pada waktu itu, yaitu Sun Microsystems. Awalnya James A. Gosling teribat dalam proyek pengembangan yang disebut Green Project, salah satu dari hasil karyanya adalah alat yang disebut Star Seven, yang berbentuk seperti PDA. Semula alat tersebut digunakan sebagai alat pengendali berbagi aplikasi rumah yang dapat mengontrol televisi, menjawab telepon, dan berbagi hal lainnya. Alat tersebut dapat digunakan untuk berbagai aplikasi karena berdasarkan atas bahasa pemrograman yang sifatnya tidak tergantung pada prosesor tertentu. Seiring perkembagan nama bahasa pemrograman yang awalnya di namakan Oak diubah menjadi Java hingga sekarang.

Salah satu pencapaian besar dari bahasa Java adalah bisa membuat hidup tampilan halaman web/blog. Kini bahasa pemrograman Java juga bisa digunakan untuk aplikasi kelas enterprise, aplikasi mobile, smart card dan sebagainya. Oleh karena jasa-jasa inilah James A. Gosling sering di sebut sebagai Father of Java atau Bapak-nya Java.

Di comot dari: http://www.biografi-tokoh.com

0 komentar: