Minggu, 16 Oktober 2016

3 Marketplace Yang Layak Dicoba

Pasar eCommerce sudah mengalami peningkatan,walaupun menurut beberapa penelitian ,belum sepenuhnya,itu yang menjadi titik poin,walaupun beberapa ada juga yang mengatakan sudah cukup sigfnifikan.Namun demikian bahwa e commerce B2C (Bisnis to Consumer) ,Indonesia akan memiliki catatan dengan pertumbuan terbesar pada Tahun 2017.

Dengan begitu merupakan sebuah peluang ,bagi calon atau pelaku bisnis Online terutama untuk individual. Disini saya akan menuliskan 3 marketplace online ,yang layak dan bisa  dicoba . Khususnya bagi pelaku Individual ,Karena disini hanya akan disebutkan 3 marketplace yang orientasinya bagi pelaku individu.

Seperti diketahui bahwa marketplace merupakan sebagai penengah antara penjual dan pembeli,seluruh pelaku e commerse disini akan menyediakan rekening bersama.

Berikut 3 marketplace yang layak untuk di coba:
  1. BUKA LAPAK : Didirikan pada Tahun 2010,Didirikan pada awal 2010 sebagai salah satu produk portofolio agensi digital bernama Suitmedia, Bukalapak bertumbuh sebagai salah satu produk online terbesar karya anak bangsa di Indonesia. Achmad Zaky selaku CEO mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 150.000 penjual1 dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak. Pada Januari 2014, Achmad mengatakan bahwa Bukalapak memproses transaksi senilai Rp 500 juta setiap harinya. Di website ini, para pengguna dapat melakukan aktivitas jual beli dengan harga pas maupun harga yang siap untuk dinegosiasikan. Bukalapak memiliki fitur dompet virtual bernama Bukadompet sebagai salah satu metode pembayaran.
  2. TOKOPEDIA : Berdiri pada awal 2009, Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar dalam ranah marketplace online di Indonesia. Paling tidak, Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100 juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan beberapa bulan lalu oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.
    William Tanuwijaya selaku CEO mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki “ratusan ribu” penjual yang bertumbuh jumlahnya sebesar 30 persen setiap bulan. Saat ini Tokopedia memiliki 3,3 juta produk aktif, dimana sekitar 2 juta produk terjual di platform setiap bulannya.
    Tokopedia belum menarik biaya apapun dari para penjual. Namun, para penjual bisa berlangganan fitur premium bernama Gold Merchant.
  3. ELEVENIA : Elevenia merupakan salah satu pemain termuda di daftar ini, namun mereka sangat agresif dan telah mencatat pertumbuhan sangat besar di tahun pertama operasinya. Diluncurkan pada bulan Maret 2014, perusahaan hasil joint venture antara XL Axiata dan SK Planet asal Korea Selatan ini memiliki 2 juta produk aktif dan melayani 8.000 order setiap harinya.
    Uniknya, perusahaan ini menyediakan seller zone di Jakarta, berisikan studio foto dan ruang pelatihan untuk membantu para penjual online yang masih baru. Semua hal itu dapat digunakan secara gratis.
Nah itu beberapa marketplace yang bisa dan layak kamu coba.
Terima kasih semoga bermanfaat
Salam Hangat
Prayogo

0 komentar: