Kamis, 27 Oktober 2016

Rumus Tahapan JUALAN

Berjualan itu sebuah proses ,sebelum akhirnya menuju transakasi. Apapun bentuk jualanya baik online maupun offline.Seperti diketahui terjadinya transaksi baik dipasar maupun disuper market ,semua sama ,coba kalau kita belanja baju misalkan kita akan di datengin SPG.Kita akan ditanya kebutuhan kita ,apa yang menjadi masalah kita,apakah sering bermasalah dalam membeli baju karena ukuran tidak pernah sesuai dan lain-lain ,itu namanya pendekatan.

Disini ada beberapa rumusan jualan yang umum dilakukan ,atau tahapan yang umum dan sudah banyak dilakukan baik online maupun offline.Bagi newbi ini PENTING. Silakan disimak:

- PENDEKATAN

- TANYA : APA KEBUTUHANNYA,APA KEINGINANNYA,APA MASALAHNYA

-TAWARKAN SOLUSI

- CLOSING

  1. PENDEKATAN :  Kalau bahasa gaulnya PDKT. ini langkah awal yang penting, dan ini harus dilakukan diawal,walaupun setelah kita mendapatkan kepercayaan atau TRUST,kepada kita akan menawarkan apa saja mau upload apa saja pasti biasanya begitu suka beli ga pakai basa basi,Namun sebagai langkah awal kita harus melakukan PDKT, kita harus melakukan pendekatan atau basa basi, jalin keakraban agar suasana cair dan nyaman , ini akan lebih mudah dan peluang agar nantinya tidak hanya beli sekali tapi repead order.
  2. MENGGALI KEBUTUHAN,KEINGINAN,MASALAH: Ini tak kalah penting lohh...setelah pendekatan langkah berikutnya tanya apasih yang lagi dibutuhkan ,kalau fashion baju,celana atau yang lain,kemudian apa sih yang diinginkan apakah motifnya ,size nya ,atau modelnya? nah kemudian tanyakan apa kendala atau masalahnya pada saat beli baju,atau sering masalah di ukuran ,model atau warna, yakinkan bahwa yang dibutuhkan dan yang diinginkan bisa bantu, dan masalah yang dihadapi pembeli kita bisa berikan solusi.
  3. TAWARKAN SOLUSI : Setelah menggali apa yang menjadi permasalahan dari calon pembeli yaitu menawarkan solusi,berikan alternative apa solusi yang baik mengenai kendali yang dihadapi pembeli,terkait pada waktu pembelian fasshion.sekaligus menanamkan kepercayaan kepada calon agar nantinya bisa membeli lagi.Berikan solusi sesuai masalah yang dihadapi calon pembeli.
  4. CLOSING : Ini adalah GOALNYA closing setelah langkah-langkah diatas sudah terlewati tanpa kendala ,sampailah babak akhir yang ditunggu CLOSING dan cringgg.Jangan lupa berikan kesan menyenangkan dengan transaksi tersebut ,berikan himbauan untuk datang kembali ,agar nantinya jadi pelanggan,ingat Muliakan Pembeli.
Nah.. itu RUMUS tahapan Jualan yang saya tulis , semoga bermanfaat.
Salam Hangat

Prayogo



0 komentar: