Minggu, 30 Oktober 2016

Social Proof

Kepercayaan merupakan hal penting dalam bisnis Online. Bukti bahwa apa yang kita beli tidak hanya kita lah yang membuktikannya. Kita akan lebih mantap dan tanpa ragu jika banyak orang yang telah membuktikannya.

Social Proof, apa itu? sosial proof kalau dibahasa Indonesia adalah Bukti sosial .apa yag dimaksud disini, kembali kepercayaan yang terbangun bisa karena bukti, betul atau tidak? Analoginya begini,ketika kita ingin membeli sesuatu didunia offline contoh disuatu toko ,kita lihat antrian yang banyak dan kerumunan orang yang tiada habisnya. Nah..ini memberikan efek dimana bisa membuat orang jadi bertanya, bahwa produknya begitu laris ,produknya begitu dicari orang.Itu BUKTI secara kasap mata.

Sama hal nya jika Social proof didunia online jika disosial media kita produk kita banyak yang komentar ,banyak yang like.Sekedar LIKE dan Komen saja? yaa sementara itu sebelum anda gerilnya lebih intensif. dengan demikian di koment kita banyak yang order, setidaknya ini memberi efek mengundang kepercayaan,atau bukti bahwa produk Anda diperhitungkan.itu BUKTI.

Lantas Bagaimana sih untuk bisa membentuk Social Proof agar orang atau calon pembeli tambah yakin yukk disimak tips singkat ini :
  1. Menciptakan Keramaian : Menciptakan kerumunan atau kehebohan ,dikarenakan kecenderungan orang lebih suka hal yang ramai,coba bayangkan kalau kita belanja di toko yang sepi pembeli ,rasanya ada yang kurang ,dan mengundang pikiran yang lain,seperti apakah barang atau produknya kurang bagus dan lainnya.Akan lebih antosias jika beli tempat yang ramai karena punya keyakinan produknya banyak yang cari.
  2. Menunjukkan Data Penjualan : Ahhh Pamer ini Mah? tidak juga dengan menunjukkan data statistik produk ini justru,memberikan informasi pada calon pembeli tentang produk kita, jika produk kita ada 4 item secara singkat dan jelas data statistik penjualan , secara tidak langsung calon pembeli akan taahu mana yang banyak dibeli orang,dan banyak disukai orang,itu akan lebih mudah dibanding Anda harus bicara memberi penjelasan,tunjukan data,orang akan segera tahu mana produk terlaris.
  3. Mencantumkan kata Best Seller : Nahhh...yang satu ini lebih mempertegas lagi , dengan mencantumkan BEST SELLER ini akan semakin menyakinkan dan memberikan bukti bahwa kita punya produk unggulan.pertanyaan nyaa pasti : Loh saya kan jualan baju masak saya tulis BEST SELLER, yooo tidak tooo...Cukup kita Tuliskan" PRODUK TERLARIS "atau bisa juga "PRODUK PALING DICARI MINGGU INI" .Nahhh dari situ kita memberikan bukti dan sekaligus menambah keyakinan calon pembeli. 
  4. Mempublish TESTIMONI : Nah posting testimoni pemakai produk kita, ini penting sekali bahkan cara ini banyak dibakai pelaku bisnis online dari junior sampai senior sekalipun.
Demikian bagaimana mebangun dan memposting social proof di social media.Semoga dengan social proof ini akan menambah kepercacayaan terhadap produk kita.
Semoga tips singkat tapi bermanfaat
Salam Hangat

Masyogo

0 komentar: