Minggu, 13 November 2016

EDGERANK itu Apa?

Ada yang tahu EDGE RANK ? enggak tahu Mas saya GAPTEK, tapi biarin yang penting saya bisa jualan clossing sudah. Iyaa sihh tidak apa-apa, tapi kan ya harus belajar terus hehehh masak harus Gaptek terus. Nanti kalau jualan laris punya team, terus ada yang tanya, "Mas edgerank itu apa" jangan sampai jawab "Buka aja google" hadehhhhh... Saya pernah baca tuh yang kaya gitu dia bilang istilah tertentu eh pas tanya tidak tahu , jawabnya : "buka aja google" lahhh kalau buka google ngapain Enyong (saya) tanya wkkkk :) .Penting loh kita belajar, lah ibarat orang bercocok tanam disawah yo jangan pakai cangkul teruss ,pakai traktor dong...biar cepat dan produktif.

Lanjut...Istilah edgerank kalau di dunia blogger itu sama dengan pagerank. Pada posting sebelum ini sempat saya singgung tentang edgerank yaitu pada posting "Selling harga Mati".Jadi secara singkat nya begini EDGERANK adalah Sistem algoritma yang diterapkan oeh facebook untuk menetapkan setiap peringkat postingan yang muncul di newsfeed". 

Masih Bingung ? kurang sederhana bahasanya heheh. Jadi facebook dengan teknologi barunya sudah mulai menerapkan edgerank untuk memilih dan memilah postingan yang layak tampil paling atas. INGAT facebook sudah mengurangi bahkan meremove posting yang bersifat promosi, yaa.. memang karena basic awal nya sosial media bukan tempat jualan , bukan LAPAK brooo ;). namun makin lama kok malah buat jualan, nah dengan demikian pengembang facebook sudah mulai mengurangi dan menetapkan mana yang layak tampil di newsfeed. Makanya jangan hard selling terus, pakai soft selling atau covert selling brooo, heheheh. ini ancaman juga buat yang jualan lewat FB.

Oke Lanjut silakan yang lagi ngopi dilanjut ngopinya ,soalnya ini postingan lumayan panjang yaak...jadi facebook itu sering dapat komplain terkait hal tersebut karena perannya sebagai sosial media sudah bergeser ke media selling, banyak promo bertebaran. Nah makanya pihak FB juga membatasi jumlah pertemanan maksimal 5000 friends. Namun pengembang facebook masih memberikan fasilitas yaitu FANSPAGE yang bisa dimanfaatkan bagi para facebook lovers, dengan jumlah follower banyak.Mereka bisa manfaatkan fanspage tersebut.

Nahhh Pertinyiiinyi...eh pertanyaanya hahah. Terkait edgerank dari sebuah akun atau fans page bagaimana Facebook bisa tahu itu penting atau tidak? darimana facebook itu tahu bahwa postingan itu penting atau tidak. Nahh Facebook akan tahu dari interaksi pengguna facebook terhadap halaman atau Fanspage contoh : Fanspage "BAJU GAMIS" ..lahhh kok sama dengan jualan saya #jangan baper yaa cuma contoh.

Jadi setiap fanspage atau akun FB bisa selalu tampil di news feed kita karena banyaknya yang LIKE,KOMENT ,SHARE..nah dengan demikian maka "Baju Gamis" fanspage akan selalu tampil jika yang interaksi banyak, banyak yang laik banyak yang koment.NAMUN begitu postingan dari "BAJU GAMIS" banyak yang cuek, interkasinya sedikit maka otomatis dia tidak akan tampil di news fead...Gimana Bingung atau Bingung... Nyeruput lagi kopinya...Baca ulang lagi Brooo :).

Lanjut langsung saya simpulkan yaa biar tidak bingung tar saya ikut bingung. ahahhah. Jadi intinya : Semakin tinggi score edgerank fanspage kita ,maka kemungkinan besar apapun yang kita update akan selalu muncul di newsfeed teman kita, LIKERS kita dari fanspage kita.[saya tebelin biar Mudeng].

LANJUT : Nahh lalu apa saja faktor penilaian EDGERANK?
  1. Affinity
  2. Weight
  3. Time Decay
Nahhh apa sihh maksud dari ketiga hal tersebut,nanti akan saya jelaskan pada postingan yang berikutanya, biar ga bosen bacanya ,yang penting intinya tanu yaa.Ingat ya ini penting sekali ingat setiap hari banyak newbie atau pemain baru, kita haruss selangkah lebih maju, perbanyak belajar .Siaaap yaa. semoga bermanfaat
Salam Hangat

Masyogo









0 komentar: