Rabu, 02 November 2016

TIPS Menentukan Target Market Online

Mas, Mbak.. kok temen saya banyak tapi kok jarang ada yang transaksi? Masa? sih...Loh emang jualan Apa Mbak? Jualan Gamis cewek ,terus temen kamu rata-rata cewek apa cowok? cewek cowok tapi banyakkan cowok :). OHH jadi mbak nawarin gamis cewek  ke cowok yaaa...hahhahha Gubrak.
Ada lagi mungkin tidak kira-kira kita Nih jualan Kaos Chesea ke Fans MU,..yooo ora payuuu [ga laku].Nah ..tapi saya bukan tipe yang kaku loh bisa saja kita jualan Gamis nawarin ke cowok,kan buat pacarnya , atau istri nya iyaa kan,,,??? iyaa sihh.... Alasan masuk akal tapi agak ngeyeler.
Oke Lanjut yaa itu hanya Intermezo saja ,nah sekarang jika ingin menentukan mana target kita sebelum kita ADD friend di sosial media seperti Facebook ,yaaa Kamu harus tahu dulu Apa yang kamu jual kemudian , spesifikasinya,segmentasi, buat siapa ? Jangan sampai yaa jualan kosmetik temennya banyakan cowok...hehheheh. itu gambaran saja.Lanjuttt..langsung yuk disimak caranya biar tertarget.
  1. KENALI DULU SIAPA CALON PEMBELI & CUSTOMER : Sebelum add friend di sosial media seperti facebook coba jangan asal Add saja ,kenali siapa calon market atau target, harus disesuaikan dengan apa yang kita jual dong? jangan sampai asal add kemudian ,begitu add ,tidak pernah like,ga pernah koment,,ga pernah share,apalagi transaksi ...hehheh...Tapi jangan anti juga looh,kadang ada jarang beli tapi rajin coment,sharing bantu share promo kita yaa gpp di add,,,heheh.Yang jelas sesuaikan target kita .kalau kita jual baju ya sering piknik ke komunitas atau group jual baju Online ,barangkali disitu ada target kita atau ada yang mereka cari ada pada kita.Sempetkan koment atau tanya, sambil menjaring target.Demikian halnya kalau jualan Kosmetik yaaa..jangan cari komunitas jual beli barang pecah belah.hehheh.
  2. KENALI SIAPA KOMPETITOR : Nah ini penting loohh kalau kamu masih pemula,kamu jualan gamis terus belum tahu target kita siapa saja ,,,Nyontek yang lain yang jualanya sama ,AMATI TIRU PLEK, habis itu coba gerilya piknik ke komunitas jualan online dengan produk yang sejenis,liat siapa costumer mereka, berapa umurnya,apa yang paling laris dan disukai,coba liat barang kali disitu ada custome ada yang belum terpenuhi apa yang di inginkan,coba lambaikan tangan koment tanya" Mbak butuh yang kaya apa, saya ada lohh".Jadi Intinya coba rajin Piknik ke Komunitas jual beli online,pelajari siapa saja target marketnya.Pahammm!! kalau belum ngopiii dulu.. :)
  3. KENALI PRODUK KITA : Nahhh ini penting sekali ,kita harus tahu dulu dong Produk kita apa ,untuk siapa saja ?,laki laki atau perempuan,kemudian gemuk ,atau kurus,berapa umurnya,dan yang lainnya .Setidaknya kita akan menentukan target lebih mudah, jangan asal jual saja tapi tidak tertarget.kalau kita reseller tanyakan tentang produk tersebut tentang segmentasinya dan spesifikasinya yang jelas. woookkeee juosss.
Demikian tips singkat semoga bisa manfaat.
Salam hangat

Masyogo

0 komentar: