Senin, 27 November 2017

Potensi Pasar Digital Diindonesia 2030

Teman teman tahu enggak?
Bahwa potensi pasar digital di Tahun 2030 akan meningkat sangat pesat. Bahkan ada yang memperkirakan bahwa masyarakat kelas menengah mencapai hingga 90 juta orang ..woww sangat signifikan.
Bahkan Indonesia seperti yang sering dilansir beberapa media dan Pengamat ekonomi bahwa Indonesia akan menjadi pasar E-comerse yang paling besar di Tahun 2020. luar biasa yaaa.. :)

Dengan demikian pengguna internet di Indonesia semakin meningkat pesat sekali. Melalui penelitian yang dilakukan Global Connectivity Index (GCI) 2016, diketahui bahwa Indonesia termasuk negara dengan angka rata-rata konektivitas nasional yang terus membaik. Tahun ini Indonesia menempati peringkat 41, naik dua tingkat dari tahun lalu. Perbaikan peringkat ini terjadi setelah  koneksi Internet transmisi data kecepatan tinggi (broadband) diluncurkan sehingga mempengaruhi pengembangan pusat data.(sumber : tirto.id)

Secara umum, laporan GCI mengungkapkan bahwa konektivitas global meningkat sebesar 5 persen pada 2015. GCI mengukur perkembangan investasi dan penyebaran TIK untuk mewujudkan digitalisasi ekonomi di 50 negara berdasarkan 40 indikator, yang di antaranya meliputi ketersediaan, permintaan, pengalaman, dan potensi dari lima enabler teknologi, yaitu broadband, pusat data, cloud, big data, dan IoT. (sumber : tirto.id)

Dengan demikian penggunaan data di Indonesia sangat besar sekali yaaa..Dan ekonomi digital akan meningkat pesat dengan demikian bahwa akan terjadi peningkatan masyarakat menengah itu mungkin sekali terjadi. 

Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan investasi dalam infrastruktur digital berkaitan erat dengan pendapatan domestik bruto. Ini karena infrastruktur digital meningkatkan dinamika ekonomi, efisiensi, dan produktivitas. Pemerintah Indonesia semakin serius menggunakan TIK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan solusi mobile yang dapat menambah penyerapan teknologi oleh masyarakat dan organisasi.(sumber : tirto.id)

Penggunaan mobile atau gadged secara bijak dan smart tenntu membawa dampak buat perekonomian di indonesia. Dimana infra struktur digital yang semakin memadai sehingga semakin memebrika support terhadap peningkatan pada dinamika ekonomi orgnisasi dan masyarakat.

Jadi sangat disayangkan kalau...
Kita tidak ambil dalam kesempatan ekonomi digital secara global
Kita mesti jadi pemain bukan penonton lagi.
Permudah urusan kita dengan kemudahan digital teknologi, dan manfaat kan untuk meningkatkan perekonomian dan menjadi solusi masadepan.

Semoga bermanfaat.


0 komentar: