Rabu, 27 Desember 2017

Kesalahan Fatal Newbie " Tidak Punya Mentor" #2

Jika kita ingin menjalankan bisnis apa saja tentu kita butuh bimbingan seorang mentor agar bisnis kita bisa bertumbuh. Yaaa..walaupun ada yang bilang bisnis yang penting jalankan tidak perlu belajar itu kan teori. Iyaa sih tapi kalau itu teorinya seorang praktisi dan pebisnis yang sudah expert dan berhasil dibidangnya kenapa tidak berati memang teorinya pernah di jalankan dan berhasil.

Memang ada sebagian orang berhasih dengan jerih payah dan usaha maksimal tapi tentunya dia tetap saja dapat bimbingan secara tidak langsung mungkin dari relasinya yang sudah sukses juga yang selalu berbagi dan sharing.

Hampir semua mentor pasti akan menyuruh kita " LAKUKAN SEKARANG JUGA JANGAN MENUNDA".Seorang mentor tentunya seorang yang pernah menjalani proses sebuah keberhasilan yang mungkin sudah berusaha hingga berdarah darah.

Dan mentor juga seorang penerang jalan karena setidaknya seorang mentor bisnis pernah menjalani sebuah proses dari gagal hingga berhasil, jadi tahu jalan mana yang ernah ditempuh. Langkah apayang sebaiknya di jalani sehingga jika terjadi tidak fatal. Cari mentor yang sesuai dengan apa yangsedang kita jalankan. Bukan hanya dari segi ketrampilan tapi dari segi bagaimana bertumbuh dari sisi bisnis dan sisi pertumbuhan diri.

Nah terus apa sih manfaatnya jika kita mempunyai mentor?

  1. Mendapat Nasihat dan bimbingan terkait masalah yang kita hadapi. Mungkin kita kadang punya masalah terkait tool bisnis kita dan kita mencari solusi sendiri dan ternyata hasilnya terlalu membutuhkan waktu yang lama, jika punya mentor tentu akan dibimbing mana langkah yang mudah dan cepat sehingga tidak terlalu makan waktu lama dan sia sia.
  2. Dengan adanya mentor tentu kita bisa saja tidak mengalami banyak kegagalan yang harus kita lewati karena sang mentor tentu akan mengingatkan karena mentor tersebut sudah pernah melakukan langkah yang sama dan gagal. dan sebaiknya tidak dilakukan kembali.
Bagaimana cari mentor yang baik?
Semua mentor pasti baik.tapi tentu harus sesuai dan relevan dengan apa bisnis yang kita jalankan.Dan sekarang akan lebih mudah mencari mentor papalgi dengan adanya Nusantara berdaya yang menyajikan mentor hebat sebagai pembicara secara gratis.
Cari mentor yang memang perduli dengan apa yang tengah kita jalankan. cari Mentor yang telah mempunyai kepribadian yang matang.
Mentor yang baik adalah coach yang baik juga.coach handal dan baik tentu tahu talent dan potensi kita.Daia akan tahu bagaimana mengarahkan dan mmbimbing agar bisnisnya menjadi lebih baik.
Mentor yang baiak tentu akan mengantarkan bisnis kita hingga kita berhasil.
Demikian sharing saya semoga dapat menambah hasanah pengetahuan.
salam smartaction
surya Parayogo



0 komentar: