Minggu, 21 Oktober 2018

The Power of Iklan

Sahabat milenial. beberapa hari yang lalu saya menngajar disebuah kampus dan kebetulan yang saya ajarkan adalah tentang advertising dan page design.Dalam materi tersebut saya membahas tentang Pengaruh iklan di lingkungan soasial.
Berbagai pengaruh sebuah iklan yang bersifat individu, lambat laun akan mengkristal ,secara kolektif dan menjadi prilaku masyarakat secara umum.

Sebagai contoh pengaruh secara psikologis (Afektif) : Orang akan merasa Pede atau rasa kepercayanya ketika mengunakan produk tertentu. Katakanlah Produk Apple dimana ini adalah produk yang terkenal dengan harga premium.Namun hal tersebut tidak mengurungkan orang  untuk membelinya.
Prilaku publik akan membentuk sistem nilai dan gaya hidup.standart budaya tertentu.termasuk standart moral, etika maupun estetika. "Kalau boleh dibilang kita semua bisa jadi korban  iklan" heheh..

Banyak sistem nilai baru yang lahir dan berubah karena iklan.
Nahh sebagai contoh tentang studi kasus tentang "STANDART PEREMPUAN CANTIK" adalah :
Pada jaman old sekitar tahun 60-70 PEREMPUAN CANTIK itu memeiliki tubuh langsing, kulit hidam, dan rambut berombak.

Nah kemudian di Tahun 80 an  yang dipelopori iklan makan STANDART KECANTIKAN ITU BERUBAH lagi, Perempuat cantik itu : memiliki Kulit halus dna lembut.atas rayuan iklan itu kemudian memiliki standart baru:) .
Kemudian standart itu berubah lagi pada era tahun 90 an IKLAN telah mengkontruksi standart baru yaitu : bahwa seseorang dikatakan cantik jika memiliki tubuh yang ideal, dengan lekuk tubuh yang terlihat. kemudia memiliki Kulit PUTIH, jadi tidak sekedar halus dan lembut. Sehingga standart cantik lebih rumit dan kompleks. Dan standar kulit putihpun tidah hanya sekedar putih tapi harus bersinar.

Jadi Kesimpulannya apa sahabat milenial?
PERHATIKAN BAIK-BAIK :) KESIMPULANNYA
Bahwa : Kecantikan yang ada di tengah masyarakat atau standart kecantikan di tengah masyarakat DIKONTRUKSI OLEH IKLAN : Standart kencantikan versi iklan menjadi patokan standart masyarakat "Standart kecantikan itu di diarahkan oleh iklan ..Itulah sebuah power dari iklan" dengan demikian sangat besar sekali pengaruh iklan .
Perubahan tersebut juga seperti ritual yang yang berulang sepanjang masa.
Pengendalian iklan juga merambah ke norma, dan gaya hidup
Standar2 baru yang dibentuk oleh iklan cenderung seragam. Sehingga di tengah masyarakat cenderung terjdi penyeragaman budaya.
Penyeragaman budaya muncul tenggelam sesuai perubahan iklan.
Hal ini menjadikan budaya masyarakat cenderung dinamis.
Sahabat milenial jadi iklan sangat besar sekali pengaruhnya.
oke sampe ketemu di tulisan saya berikutnya :)
Salam Hangat

Surya Prayogo
Baledigitalstrore






0 komentar: