Rabu, 14 November 2018

"JANGAN HANYA MENYUSUN BUSINESS PLAN"

Waduh sepintas kaget baca judul postingan ini, ini adalah Headline yang ditulis Pak subiakto [Pakar Branding 48 Tahun] ada yang kenal ? ada yang tahu?
Saya salah satunya tukang kepoin ilmunya dan sangat ngefans dengan beliau, selalu mbututi ilmunya Beliau. Nah untuk kali ini tulisan beliau tentang Buat apa sih Menyusun Bisnis plan. Penasaran? atau penasaran banget.Yuk di simak!

Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Business Plan juga merupakan dasar pembuatan Action Plan; baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis, karena pada saat mau dieksekusi keadaan makro maupun mikronya sudah berubah.

Karena itu buatlah juga rencana antisipasi terhadap perubahan yang disebut Business Pivot.

Pertama-tama kita bahas apa itu Pivot. Didalam permainan basket, pivot adalah sebuah gerakan merubah arah dengan tetap berpijak pada satu kaki. Dalam bisnis, lebih kurang maknanya sama. Dalam bisnis pivot dilakukan dengan merubah arah atau strategi namun dengan tetap mempertahankan visi bisnis itu sendiri.
Ada beberapa jenis business pivot, a.l:

1. ZOOM-IN PIVOT. Zoom-in pivot adalah sebuah perubahan strategi dengan fokus produk/layanan yang lebih sedikit. Untuk restoran misalnya mengurangi jenis menu berbasis pada cross bahan baku

2. ZOOM-OUT PIVOT. Zoom-out Pivot merupakan kebalikan dari zoom in pivot. Zoom out pivot adalah strategi perubahan dengan menambah fitur produk atau layanan. Pada permen kopi KOPIKO misalnya, yang semula fokus hanya pada produk permen menambahkan produk ready to drink.

3. TARGET MARKET PIVOT. Berbeda dengan kedua point diatas yng berbasis pada produk, Target Market pivot ini lebih fokus pada segmentasi konsumen. Keke Busana misalnya, yang menambahkan busana muslim untuk segmen dewasa yang semula hanya untuk anak2.

4. BUSINESS ARCHITECTURE PIVOT. Business architecture pivot. Business Architecture Pivot adalah perubahan dari B2B ke B2C atau sebaliknya. Misalnya Apple telah merubah handphone yang awalnya perangkat personal menjadi smartphone yang perangkat profesional.

Nah agar supaya tidak membuat partner bisnis ataupun staff perusahaan terkaget-kaget sebaiknya business plan dilengkapi dengan pivot plannya sekaligus. Seperti kata pepatah “Business Plan only good for Investor”

Bagaimana sahabat bloger ilmu nya daging banget ya..semoga bermanfaat.

0 komentar: