Jumat, 04 Januari 2019

INTERNET MARKETING

Internet Marketing secara umum rasanya orang atau kita sendiri sudah tahu. Namun internet marketing masih banyak orang yang mengerti secara sempit. Sehingga dianggapnya kalau internet marketing yaa...lewat sosial media..iyaa ga?... Nah untuk pencerahan lagi yukk kita pahami kembali tentang apa itu Internet Marketing biar makin jelas dan mengerti. Setidaknya jika suatu saat sahabat sahabat mau belajar internet marketing tahu mana yang saya butuhin dan kita fokusin.
Jadi jangan ada worshop seo karena banyak mendatangkan uangg ikuut :) , ada workshop Facebook marketing ikut SEO di tinggal kan ..
Nahh..setidaknya kalau sudah memahami tentang Internet Marketing dan Jenisnya maka akan tahu bagaimana mengkolaborasikan Ilmu internet Marketing. sampai disini paham yaaa..Jelass atau Blasss.. :)
Baik sekarang kita lanjut materi kita dengan mengategorikan Internet Marketing. Menurut para praktisi Internet marketing seperti Ane Ahira pemilik Asian Brain. Bahwa Internet Marketing secara garis besar dibagi 2

  1. SOURCE OF INCOME (Sumber Penghasilan)
  2. Traffic Generation (Cara Promosi)
Yuuk kita simak satu persatu agar bener bener paham, agar nanti saat ada workshop ataupun seminar maka kita akan lebih paham mana yang akan kita butuhkan. Dan kita juga akan bisa menggabungkan atau mengawinkan antara Source Of income dan traffic generation. Kita kita nanti akan tahu bagaimana mengkolaborasikan antara produk dan trafik.
Nah sekarang kita mulai dari yang pertama.

SOURCE  OF INCOME (Sumber Penghasilan)
Didalam dunia online sumber penghasilan atau Source Income ada banyak loh. Bisa sampai jutaan produk yang bisa dipasarkan, dan cara kerjanya pun berbeda beda. Cara kerja apa sih yang dimaksud?
yaitu cara bagaimana mendapatkan penghasilan atau komisi.
Sumber penghasilan atau Source Of Income dibagi menjadi 5 antara lain :
  1. Pay Per Sale
  2. Pay Per Lead
  3. Pay Per Clik
  4. Menjual Produk sendiri
  5. Auction ( Lelang)

Pay Per Sale : Adalah program affiliate yang memberikan komisi dengan jumlah % tertentu yang telah ditentukan oleh vendor/merchant (pemilik produk) kepada para affiliate/online marketer dengan aturan komisi diberikan jika anda berhasil menjual produk/jasa mereka. Contoh Pay Per Sale : amazon.com.
Amazon memberikan komisi dengan % tertentu bagi para online marketer yang berhasil menjual produk-produk yang ada di amazon.com.
Pay Per Lead : Adalah program affiliate yang memberikan komisi berdasarkan data pelanggan yang anda berikan. Contoh, di internet ada banyak perusahaan asuransi yang menginginkan data-data orang yang membutuhkan asuransi. Jika anda bisa mencarikan data pelanggan yang sesuai yang dibutuhkan olah perusahaan asuransi misalnya, maka anda akan mendapat bayaran untuk per satu leads/data prospek yang dikirimkan kepada mereka.
Pay Per Click : Adalah Program Affiliate yang memberikan komisi berdasarkan klik pada iklan. Salah satu program pay per click yang terkenal adalah Google Adsense. Contoh, kita  memasang iklan adsense di situs kita. Jika ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut, maka kita akan  mendapatkan bayaran dari Google.
Menjual Produk Sendiri : Tentu saja anda juga bisa menjual produk sendiri di internet. Produk yang dijual bisa berupa produk tangible (nyata : contoh kursi, pakaian, laptop, dl) atau intangible (berbentuk jasa atau download produk seperti ebook, software, games)
Pelelangan/Auction : Tipe bisnis terakhir adalah pelelangan/auction, salah satu tempat pelelangan terkenal adalah ebay dan flippa.
Nah.. lalu pertanyaan  Sumber penghasilan mana yang paling menguntungkan? diantara sekian jenis sumber penghasilan . Pada dasarnya semua menguntungkan dan tidak sedikit online marketer yang menjadi jutawan hanya memilih satu tipe macam sumber penghasilan di atas. Anda tidak perlu mengerjakan semua macam sumber penghasilan yang ada. Disarankan untuk memilih cukup satu dan fokus hingga anda menjadi ahli di salah satunya. Jika sudah berpenghasilan, anda baru melakukan scalling (pelebaran) bisnis pada sumber penghasilan yang lain.
Samapai disini sudah mulai paham yaa...Kalau sudah kita lanjut yaa.

TRAFFIC GENERATION
Cara paling banyak dan Umum digunakan di Internet ada 5 :

  1. SEO Marketing (Search Engine Optimazition)
  2. Pay Per Click Ads (Google Adword, Msn Ads, Yahoo Ads)
  3. Sosial Media Markting ( Facebook, Instagram,Whatsapp, Tweeter, Facebook Ads, Instagram Ads,dan lain lain)
  4. Email Marketing
  5. Mobile Marketing

SEO Marketing : Strategi mendatangkan traffic dari search engine, terutama google, dengan cara mengoptimalkan situs untuk mendapatkan ranking di search engine.
Kebanyakan orang pergi online untuk mencari informasi. Biasanya untuk mencari informasi ini orang pergi ke Search Engine dan mengetikkan kata kunci tertentu. Saat mengetikkan kata kunci tertentu dan menekan tombol ‘Search’ maka Search Engine akan menampilkan situs-situs yang di anggap relevan dengan kata kunci yang di cari. Nah, Anda ingin situs anda di urutan 5 besar hasil pencarian, dengan demikian anda mendapatkan ‘traffic’ (pengunjung) ke situs anda untuk kata kunci yang anda bidik. Jadi Gampanya jika situs Anda setidaknya di 5 besar pencarian google maka banyak potensi untuk di klik dan dikunjungi orang, karena perlu diingat situs sudah jutaan, dan kecenderungan jika di 5 pencarian situs kita tidak akan terjamah, jadi bagaimana bisa untuk bisnis.
PPC (Pay Per Click) Advertising :Nah dengan ini kita  bisa membeli iklan dengan basis membayar perklik dari setiap prospek/pengunjung  yang dikirimkan oleh vendor iklan (Google Adwords, MSN Ads, Yahoo Ads). Harga dari setiap klik yang di beli itu tidak sama untuk setiap kata kunci. Bisa mulai dari 500 Rupiah perklik hingga puluhan ribu perklik, tergantung dari seberapa terkenalnya kata kunci yang anda bidik.
Misalnya, untuk kata kunci ‘toko hijab di jakarta’ harga perkliknya bisa tinggi di bandingkan kata kunci ‘cara membuat dimsum atau bale dimsum :)’.
Social Media Marketing : Cara marketing yang lagi gandrungi yaitu sosial media marketing, kita bisa mendatangkan traffic dari berbagai macam social media yang ada seperti Facebook, Youtube, Instagram, Whatsapp, youtube,Pinterest, dll. Cara yang dilakukanpun berbeda-beda, bisa melalui video, atau membeli iklan di tempat bersangkutan seperti misalnya Facebook Ads yang hampir mirip seperti PPC Advertising.silakan dipelajari tentang sosial media marketing karena ini luas sekali. diblog ini juga sahabat sahabat bisa baca baca dan pelajari silakan.
Email Marketing :Email marketing dipakai hampir semua pebisnis online profesional hingga tingkat dunia, Mengumpulkan data pelanggan melalui sebuah website, dan lalu melakukan follow up dengan memberikan tips-tips bermanfaat secara gratis, di lain waktu juga menjual produk/jasa pada pelanggannya. Anda juga bisa melakukan hal yang sama.
Untuk menarik massa menjai pelanggan/pembaca setia email Anda, anda juga bisa mempromosikan email marketing anda melalui SEO, PPC Ads atau Social Media.

Jadi dengan Email marketing ini para pelaku bisnis online ini bisa "mengeruk data "untuk kemudian melakukan melakukan penawaran dan edukasi secara berkala.
Dan biasanya dengan Email Marketing ini para pebisnis onlin ini berlanggan sehingga bisa nge blast informasi dan penawaran. Pernahkan ? jika kita ditawari Ebook Gratis kita diminta masukin alamat email untuk mendapatkan nya. Kemudian setelah konfermasi selebihnya kita akan selalu mendapatkan news letters yang berisi informasi, penawaran dan edukasi...iya kan ? nah itu email marketing dan kita akan diprospek secara berkala.
Moblie Ads Marketing : mobile Ads adalah  salah satu tempat terkenal dimana anda bisa mencari massa online adalah melalui Mobile Ads seperti di AdMob.com
Nah demikian ulasan atau over view tentang digital markting yaaa...jadi makin paham yaa...dimana sumber penghasilanya dan bagaimana cara mendapatkan sumber traffiknya.
Semoga bermanfaat ..selamat belajar dan action dan fokus.


0 komentar: