Selasa, 08 Januari 2019

TRAFFIC (1)

Alhamdulillah saya kembali akan mengulas tentang Traffic, untuk pengertian traffic  tidak akan  ulas lagi yaa, saya anggap sudah tahu apa itu traffic. Sepakat yaa...Saya mau sharing tentang Kategori  traffic, karena traffic ini sangat penting sekali...Biar tahunya tidak setengah setengah yaa..
Nahh Pertanyaannya apakah traffic hanya yang penting Banyak ?
Apakah traffic nya bisa dikonversi menjadi pembeli kita?
Apakah trafficnya prospektif? Apakah trafficnya bisa di monetise?
Karena kebanyakan orang berpendapat yang penting banyak trafficnya, ya memang harus banyak.Tapi kita harus tahu apakah traffic kita itu bisa dikonversi oleh kita atau tidak.
Contoh begini kita punya Akun Facebook 2 atau 3 dan ditambah instagram, rata rata 5000 keatas friend listnya. Pertanyaannya Apakah friend list sebanyak itu selama ini sudah terkonversi menjadi pembeli atau costumer kita dan apakah semua interaksi dengan kita.
Sahabat sahabat sekalian untuk mempermudah kita mengetahui traffic kita, yuk di simak tentang kategori traffic . TRAFFIC setidaknya dibagi menjadi 3 Bagian ..
  1. Traffic yang tidak bisa kita kendalikan 
  2. Traffic yang bisa kita kendalikan
  3. Traffic Milik Kita 
Nah sekarang kita bahas satu satu ya disimak sharing saya :

TRAFFIC YANG TIDAK BISA KITA KENDALIKAN
Traffic yang tidak bisa kita kendalikan, pengertiannya adalah  kita tidak bisa mendatangkan traffic sesuka hati kita. Atau sesuai dengan keinginan kita. 
Ada beberapa yang termasuk yang dalam kategori traffic yang tidak bisa dikendalikan:

SEO ( Search Engine Optimization) , Kenapa ini tidak bisa kita kendalikan ..yaa karena ini seo yang masuk kategori free atau gratis. Kita tidak bisa mengendalikan untuk mendatangkan traffic sesuai dengan keinginan kita..

KONTENT MARKETING
Apa saja sih yang termasuk dalam konten marketing, konten marketing itu bisa berupa Blog atau web yang berisi Konten artikel dan tutorial serta video, yang berisi hal yang memberi ilmu dan solusi.Sosial media Marketing, Affiliate marketing ..nah semua ini kita tidak bisa kendalikan trafficnya, termasuk yang facebook yang organik.

TRAFFIC YANG BISA DIKENDALIKAN

Traffic yang bisa dikendalikan contohnya :
SEARCH ENGINE MARKETING (SEM)  dengan SEM ini kita bisa kendalikan kita bisa datangkan traffic sebanyak banyaknya , tentunya sesuai dengan badget kita, di Search engine marketing seperti contohnya Google Ads word traffiknya bisa kita kendalikan dan tentu sesuai dengan budget iklan kita dong. oh iya dengan Facebook ads itu juga termasuk yang bisa kita kendalikan.

TRAFFIC MILIK KITA SENDIRI

Traffuc yang bisa kendalikan, Nah ini jika kita adalah pelaku bisnis online dan jualan online. ini sangat penting sekali karena traffic Milik kita sendiri adalah Database kita . Kang dewa Eka pakar Digital marketing mengatakan kita Harus membangun Data Base. dan itu yang terus dan selalu kang Dewa Bangun. Ingat bahwa di era teknologi digital dan internet data adalah harta karun.

Ok dilanjut lagi, jadi TRAFIK MILIK KITA dimana traffic kita nanti ini yang kita bisa simpan kontaknya Nomer Hapenya, Alamat Emailnya dll. Dan kontak nya bisa kita eksport dan import.
Traffik Milik kita sendiri contohnya :

1. Email Marketing : dengan email marketing kita bisa record kita bisa simpan bahkan kita prospek traffic tersebut. Karena alamat emailnya secara otomatis akan tersimpan. Makanya hampir semua pebisnis online sampai tingkat duniapun hampir semua punya Email Marketing yang bisa blasst promo melalui email. dan ini berbayar yaa.. contoh kalau di indonesia yang punya sistemya " Kirim Email " milik Mas Fikri. dan masih banyak email marketing berbayar. Dan kita sering kan pas download E book Gratis kita diminta input alamat email, tujuanya agar data alamat email kita disave masuk ke data basenya mereka, dan kita akan selalu dapat news leter dari mereka...nahh yang suka gratisan tu xixixi.

2. Pixel Pixel? ada yang Tahu Pixel?  Pixel itu berupa Kode javascript yang diletakkan atau ditempelkan pada browser halaman web yang bisa merekam jejak pengunjung. Nahh ini yang sering digunakan online shop atau web tertentu. Dimana saat kita berkunjung di sebuah market place seperti lazada, tokopedia atau yang lain. Kemudiaa saat kita buka Facebook kita tiba tiba ada Iklan produk yang tadi kita kunjui dan kita lihat... dan selalu akan muncul dan menghantui di halaman web Facebook kita. Disisi lain kita dimudahkan jika kita ingin visist kembali tinggal klik. itulah pixel.

3. Kontak Telphone/ WA. Kontak yang kita save di WA,BBM,LINE itu juga adalah traffic milik kita, dan dengan kontak itu bisa kita eksport import kontak. Dan yang jelas kita bisa Blast iklan atau promosi kita atau Broad cast ke semua kontak kita.
 Nahh.. mulai paham yaa tentang trafiic... yaaa.. coba mulai cek lagi analisa lagi Traffik yang kita punya di FB di IG dan di WA dan lainnya...
ok yaa sampe ketemu di pembahasan TRAFFIC yang ke 2 ditunggu aja yaa..
Semoga bermanfaat.



0 komentar: