Senin, 10 Juni 2019

PODCAST itu apa ?

Podcast?
Ada yang tahu?
Mungkin teman teman sebagian sudah familier ya dengan istilah Podcast. Kalau Dilihat dari sejarah atau History nya Podcast ini sudah ada sejah tahun 2005 dan mulai banyak dikenal di tahun 2007 hingga 2011. Jadi mungkin saja tulisan saya ini sudah termasuk agak basi yaa... tapi memang  baru sempat saya nulis tentang poscast ini. Di kalangan pengguna Iphone saya rasa sudah familier yaa. Ya memang awalnya ya memang ini produk konsep besutan Apple. Berasal dari kata IPOD + Broadcasting jadi disingkat jadi Podcast.

Podcast ini berisi rekaman. Sebenarnya kalau bicara rekaman audio sih sudah ada sejak dulu sebelum ada konsep podcast yang menjadi konsep dari Apple ini.
Tapi ya lagi inilah jeniusnya konsep yang diusung oleh Apple bagaimana konsep sebuah rekaman audio dibuat menjadi lebih simple dan mudah dinikmati. Bagi type orang audio tentu ini sangat menyenangkan sekali, kalau boleh di bilang memang hampir sama sih dengan orang yang mendengarkan radio. Tapi jika di radio dan pasti ada jedah iklan. Kalau podcast ini kan tidak.

Kalau diluar negeri memang etos membaca dan mendengarkan podcast saat mengisi waktu, pada waktu ngantri atau dalam perjalanan. mereka lebih suka mengisi dengan sesuatu yang bermanfaat. Mungkin ini yang harus kita budayakan dinegara kita.

Lalu apa  saja sih kelebihan dari podcast ini yuuk disimak secara singkat :

PILIHAN BANYAK
Berbeda dengan radio yang mungkin pilihan frekuensi gelombang atau stasiun radionya. Tapi kalau podcast ini, katagorinya sangat banyak, ada Bisnis, seni, entertaint, ada teknologi, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan minat dan pilihan kita.

TANPA JEDAH IKLAN
Tidak ada iklan berlebihan seperti di Radio yang setiap 10 menit ada iklan. yang kadang itu sangat menyebalkan. hehehh

BISA DENGARKAN NONSTOP
Bisa dilakukan kapan saja waktunya bahkan di jam 5 pagi sekalipun. kalau diradio mungkin sampai jam 5 penyiarnya sudah tidur yaa.. hehehe

PODCAST BISA DI HAPUS
Potcast yang sudah kita dengarkan bisa kita hapus jadi tidak memenuhi ruang penyimpanan di smartphone kita.
Dan sebetul nya masih ada beberapa kelebihan podcast. semoga 4 kelebihan  ini cukup untuk melihat nilai lebihnya.

CARA MENGAKSES DAN MENDENGAR PODCAST

Nah ini yang bisa menjadi pertanyaan teman teman. Bagaimana sih cara nya untuk mengakses podcast? Apalagi awal nya podcast ini kan konsep dan ide dari Apple. Tentu presepsi kita hanya orang yang punya Hape Apple saja yang bisa menikmati podcast ini.
Tapi tentu saja tidak dengan perkembangan teknologi sekarang ini ternyata tidak hanya yang mempunyai Sistem operasi nya IOS saja yang bisa mengakses atau mendownload nya. Ternyata dengan smartphone berbasis ANDROID pun sekarang bisa menikmati dan mengakses dengan bantuan Aplikasi yang bisa didownload di Play store bagi yang berbasis ANDROID.

Sebagai contoh untuk aplikasi podcast yang gratisan bisa didownload yaitu seperti : Podcast Republic, Podcast Radio &Addict. Tapi yaaa kalau yang gratisan pasti ada iklan nya yaa.. kalau mau ngilangin iklannya yaa berbayar. Mau enak sendiri gratisan ga mau iklan heheheh.

Silakan teman teman yang ingin menikmati podcast, walaupun memang masih didominasi materi dari luar sehingga berbahasa Inggris jadi kalau bahasa inggrisnya masih litle litle yaa agak sedikit repot. Tapi tidak usah kuatir sekarang sudah mulai banyak yang kontennya berbahasa Indonesia. Kalau Youtuber yang rajin bikin podcast yaitu Raditya Dika.

Mungkin inisaja dulu ya ulasan sedikit tentang Podcast semoga bermanfaat yaa...
Doakan saya rajin nulis lagi  :)

0 komentar: