Kamis, 05 Maret 2020

Model Penelitian Pengembangan

Apakabar Sahabat Kampus lama sekali rasanya tidak menulis lagi blog ini, untuk kali ini saya akan menulis tentang Model penelitian Pengembangan. Tulisan ini saya rangkum atau saya tulis dari sebuah buku tulisan DR. Amir Hamzah, M.A. dalam bukunya Metode Penelitaian dan Pengembangan.
Sahabat Kampus yuk di simak yaaa. barangkali ini bisa menambah pengetahuan untuk penelitian sahabat kampus. Baik saya mulai yaaa.

Model diartikan sebagai sebuah proses desain konseptual dalam upaya peningkatan fungsi dari model yang telah ada sebelumnya, melalui perubhan komponen yang dianggap meningkatkan kualitas pencapaian tujuan.

Menurut teori  Setyowati (2013) seperti yang dikutip DR.Amir Hamzah, model dapat menyajikan         suatu informasi yang kompleks atau rumit menjadi lebih sederhana atau lebih mudah; dalam konteks penelitian dan pengembangan, model merupakan prosedur yang mengikuti prosedur yang sudah baku yang dianut oleh peneliti.

Sedangkan pengembangan dalam konteks penelitian adalah suatu upaya untuk membuat menjadi lebih efektif dan efisien atau bisa dikatakan lebih mudah dan lebih murah. Sebagai upaya memperluas dari suatu keadaan atau situasi yang berjenjang kepada situasi yang lebih sempurna .

Dalam bukunya DR Amir Hamzah juga mengatakan bahwa dalam sebuah kerja penelitian pengembangan peneliti haruis memperhatikan beberapa hal yaitu :
  1. Menggambarkan struktur model yang digunakan secara singkat, sebagai dasar pengembangan produk.
  2. Apabila model yang digunakan dia dobsi dari model yang ada, maka perlu dijelaskan alasan memilih model, komponen- komponen yang disesuaikan, dan kekuatan serta kelemahan model dibandingkan model lainnya.
  3. Apabila model yang digunakan dikembangkan sendiri, maka perlu dipaparkan mengenai komponen - komponen dan kaitan antar komponen yang terlibat dalam pengembangan.
Secara umum terdapat tiga jenis model pengembanagan yaitu anatara lain :
  1. Model Prosedural : adalah model yang bersifat deskriptif
  2. Model Konseptual : adalah model yang yang bersifat analitis terhadap komponen komponen produk yang akan dikembangkan serta keterkaitan antar komponen .
  3. Model teoritik : model yang menunjukan hubuingan perubahan antar peristiwa ( Rickey, 2009).
Ketiga hal jenis model nanti akan dijelas kan di posting berikutnya. semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk sahabat kampus yang sedang meneliti. atau sahabat kampus bisa sambil baca tulisan ini tentang "syarat penelitian".


0 komentar: