Kamis, 23 Desember 2021

Dunia Dalam Metaverse

 


Dalam 3 bulan terakhir ini dunia mulai dibikin heboh dengan istilah Metaverse. Awal mulanya saat isu "Facebook ganti Nama" dan akhirnya Mark Z. akhirnya secara resmi launcing Meta. Maka perbincagan tentang dunia metaverse mulai makin mencuat. Benarkan Microsoft dan Disney juga akan mengambil alih dunia internet ke Metaverse. Apakah akan ada dunia lagi setelah dunia maya? Apakah Metaverse jadi dunia baru bagi peradapan manusia dan peradapan bisnis? lalu apakah sebenarnya itu Metverse.

Bicara tentang dunia metaverse seperti ada ada dan tiada. Namun itu ada. Berdasarkan yang saya kutip dari wikipedia.org : Meta semesta ataumetaverse adalah bagian internet dari  realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap ke dua.Meta semesta alam arti yang lebih luas lagi. 

SEJARAH SINGKAT

Istilah ini pertama kali diungkapkan dalam Novel  fiksi ilmiah " Snow Crash"Neil Stephenson tahun 1992 dimana manusia sebagai avatar berinteraksi  satu sama lainnya dan agen perangkat lunak, dlam ruang virtual 3 dimensi yang menggunakan metafora dunia nyata. Stepshenson menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan penerus berbasis realitas maya ke Internet. Konsep yang mirip dengan meta semesta telah muncul dengan berbagai nama dalam genre fiksi cyberpunk sejak tahun 1981 dalam novel True Names karya Vernor Vinge.

Jadi sebetulnya kalau dibilang Metaverse itu ada atautidak? sulit jelaskan namun ada. Tapi yang perlu dingat bahwa metaverse itu bukan hal  yang baru, dan itu ada. Apakah pemainnya hanya Facebook. Tidak seperti Microsoft apakah akan ambil bagian? Disney?. Apakah dunia digital akan mengalami peradaban yang baru? itu pasti. Dan dunia bisnispun nantinya akan mengalami perubahan besar. Selamat datang Dunia Metaverse.

0 Comments: